Chairul Tanjung, Yahudi atau Mason?

republika.co.id
Saya tertegun, postingan saya soal kegemaran Chairul Tanjung (CT) pada ikon Mason menduduki peringkat pertama ketika Anda mencari frase ‘Chairul Tanjung Yahudi’. Sungguh saya tidak berpretensi menduduki peringkat ini dan juga tidak berakhir menuduhkan keyahudian sang pengusaha yang baru saja merilis biografinya itu. 

Soal yahudi atau tidaknya dia bukan domain saya menjawab. Yang saya persoalkan di tulisan di blog adalah kegemaran dia menggunakan simbol Mason—tarikat yang dekat dan memperjuangkan kepentingan zionisme.

Berawal dari diamnya CT secara konsisten dalam memampangkan ke publik logo-logo perusahaannya yang bejibun dengan ikon-ikon Mason, saya kemudian mengaitkan dengan beberapa rumor dan keresahan pemirsa televisi milik CT, Trans TV. Semua orang tahu, televisi ini selain banyak menyiarkan acara positif dan kaya terobosan, juga kerap konsisten menampilkan figur yang identik dengan Mason. Tidak ada stasiun televisi yang secara permanen memplot Steven Seagel untuk tampil di layar kaca sebagaimana Trans. Soal selera dan minat pemirsa yang ditangkap stasiun ini? Saya ragu.


Kegemaran CT menggunakan simbol Mason (piramida, segitiga, mata, bulatan) kalaulah dibuat prasangka baik, karena ia seorang Muslim, mungkin semata kegemaran dia. Ingat, CT sejak kecil bersekolah di tempat yang disangsikan mengenalkan Islam. Bahkan sebaliknya, lebih akrab dengan simbol-simbol Mason. Ber-SD dan SMP di Van Lith, serta SMA di Boedi Oetomo, kalau dari namanya saja sudah bisa menerbitkan sesak akan adanya penanaman tanpa sadar soal simbol. Di sekolahnya itu, CT boleh jadi telah familiar dengan piramida dan mata. Seakan semua normal, alamiah, bahkan bagian dari kenangan masa kecil nan indah selaku ‘anak singkong’.

Itu bila kita husnuzan. Sebagai pengusaha yang cerdas dan melek informasi, tentu kini CT tahu di balik makna ikon Mason. Kegemarannya menggunakan ikon Mason semestinya sudah dirasakan akan menerbitkan gejolak pada sebagian saudara seimannya yang peka soal ini. Keartistikan dan kesimetrisan ikon bernuansa Mason tidak perlu sampai menerbitkan gejolak di kemudian hari. Di titik ini, kekonsistenan (alih-alih mau mengubah) CT pada setiap ikon Mason dalam logo setiap usahanya melahirkan prasangka. Ada apa ini? Apakah rasa selera seni semata CT? Bagian dari masa kecil? Atau ada lebih jauh lagi: perselingkuhan diam-diam dengan para pemeluk Tarikat Mason?

Pembaca, pada titik ini saya tidak mau gegabah menyebut CT seorang Yahudi. Perlu dicek dari nasab orangtuanya, yang saya tahu ibunya Muslimah, pun ayahnya. Ke-Yahudi-an CT mungkin tudingan ideologis lantaran kegemarannya bersimbol Mason ria. Nah kalau kita lacak literatur, banyak tokoh Muslim bergabung di Tarikat Mason tidak serta-merta mereka beralih jadi Yahudi. Ini secara formalnya, kalau soal pikiran dan tindak-tanduk itu soal lain. Raden Saleh ambil kasus. Meski ia keturunan Arab (dan Muslim pula), ia bukan rahasia merupakan kader Mason awal di negeri ini.

Dalam konteks serupa, saya menduga kecerdasan CT dihasilkan dari cara belajar dia di komunitas tertentu. Dan itu yang kemudian membuatnya berterima kasih atau menjadikannya kelompok anutan. Bagi CT, sebagaimana Raden Saleh, mungkin bukan peralihan agama, karena semacam Tarikat Mason hanya bicara kesatuan agama-agama dan tidak fanatik pada agama tertentu. Padahal, Tarikat Mason yang sepintas sebuah organisasi sosial biasa saja sejatinya organ penting sarat kepentingan mahabesar di negeri ini.

Jadi, sampai di sini kita tidak bisa bergegas dulu menyebut dan menuding CT Yahudi. Dia tetap anak singkong kelahiran Jakarta dari keluarga Muslim. Bahwa di polahnya sekarang dia banyak gemar mengumbar ikon Mason, kita sebut dan waspada atraksi sosialnya. Buat siapa dan kepada siapa. Siapa tahu ia contoh orang semisal Raden Saleh yang dikendalikan dari luar sementara dalam dirinya penuh gejolak. 

Sungguh kasihan kalau CT pun ada yang selalu mengarahkan sebagai pemasar ikon Mason, dan dia melakukannya. Bagaimanapun CT adalah aset bangsa. Tugas kita bukan meributkan isu Yahudi, tapi mengawasi seberapa jauh kiprahnya bagi bangsa dan saudara seimannya. Jangan sampai dia terus menyiarkan film antagonis soal Islam dan Arab; secara bersamaan, ia gelontorkah dana banyak ke Yerusalem diam-diam atas nama loyalitas pada ‘sang guru’. []

84 komentar:

dsindra mengatakan...

saya rasa, tulisan ini cukup bijaksana.
kita harus berpikir kritis, tapi juga harus berbaik sangka dengan orang lain.

Pola kehidupan ekonomi, sosial, dan politik, kebudayaan, tidak lepas dari pengaruh gerakan 'mason'. karena memang, itulah visi mereka untuk menggelar "the new world order".
Dengan perhitungan cermat dan cara yg cerdas, mereka dapat memasuki sendi-sendi kehidupan masyarakat, mempengaruhi secara perlahan tapi pasti.

Bangsa Yahudi tidak perlu membuat seorang muslim murtad. Cukuplah mereka membuat "trend" dari segi makanan, pakaian, gaya hidup, untuk melunturkan aqidah muslim. sayangnya, banyak dari kita terlena.

Semoga kita sebagai muslim, terhindar dari fitnah dajjal-dajjal 'kecil' ini.
Wallahua'lam

Anonim mengatakan...

Yang pasti CT yang sumbang kantor DPP PKS

salam
yons

Anonim mengatakan...

Gerakan mason Indonesia berpusat di Menteng dimana byk ekspatriat tinggal. begitu juga dgn pebisnis hebat yg cepat melesat tinggal di menteng

om bengs

Anonim mengatakan...

saya heran dengan pola pikir anda, kenapa setiap ada orang islam maju langsung dituduh mason, saya bisa saja menuduh anda juga mason karena iri melihat orang islam maju. kalau suudzon pake bukti2 yg real jangan cuma mengkait-kaitkan simbol2 langsung main tuduh. saya sering tonton acara2 islami di transtv dan trans7, dan juga pernah di salah satunya menjelek-jelekan israel. Apa itu trik CT buat tidak terlihat masonnya?. intinya jgn cuma simbol2 aja yg dijadiin patokan. masalahnya banyak orang islam yg pake simbol itu juga bukan cuma CT.

Yusuf Maulana mengatakan...

Terima kasih Anonim.
"kenapa setiap ada orang islam maju langsung dituduh mason"
YM: Rasanya tudingan balik ini tidak mendasar, saya tidak pernah melakukan itu. Tulisan di blog cuma ulas CT.

"saya bisa saja menuduh anda juga mason karena iri melihat orang islam maju."
YM: Karena Anda suka bukti2 real, baiknya konsisteni ucapan ini ya.

"kalau suudzon pake bukti2 yg real jangan cuma mengkait-kaitkan simbol2 langsung main tuduh."
YM: Lho simbol itu real lho, Anda pernah belajar teori simbol tidak ya? Simbol itu bukan sekadar coretan seni belaka Bung!

"saya sering tonton acara2 islami di transtv dan trans7, dan juga pernah di salah satunya menjelek-jelekan israel. Apa itu trik CT buat tidak terlihat masonnya?."
YM: Silakan itu hak Anda.

"intinya jgn cuma simbol2 aja yg dijadiin patokan."
YM: Betul, tapi juga jangan abaikan soal kekonsistenan mereka yang pakai simbo serupa lho.

"masalahnya banyak orang islam yg pake simbol itu juga bukan cuma CT."
YM: Tepat, nah untuk itu kita perlu sampaikan, 'Ente paham kagak pakai simbol ini dan itu, ada maknanya lho' kira-kira gitu. Kalau ybs keukeuh setelah dijelaskan, ya risiko tanggung sendiri.

Indah Nurul Suci mengatakan...

pak yusuf saya setuju.
karna akhir-akhir ini saya jg mulai menyadari bahwa beliau penganut freemason seperti tayangan big brother jelas sekali itu selipan logo freemason serta ada yang seperti ini di tayangan tersebut "Kami tidak mengenal anda, tapi kami akan selalu mengawasi anda"
saya yakin bukan hanya saya saja yg menyadari tanda-tanda ini.

Yusuf Maulana mengatakan...

Mbak Indah Nurul Suci, tugas kita adalah memberitahukan kepada saudara dan tetangga serta rekan. Semoga menjadi informasi yang berharga demi masa depan di dunia dan akhirat nanti. Tidak perlu risau dengan topeng kebaikan orang yang sejatinya belum kita kenal isi hatinya.

Property University mengatakan...

Capek dech,. kalo mau tau CT antek freemason atau bukan, kita buktikan saja di akhirat.. hehe..
Jangan cepat mengambil kesimpulan dgn bukti2 yg ga konnkret,. kita harus punya awareness (kesadaran) ttng logo2 tersebut tapi jgn juga berlebihan. Setau saya CT selalu menggunakan "brand consulting firm" untuk mendesign Logo dan Company Profilenya. Salah satu brand consulting firm langganan CT adalah Landor Associates. Jadi kebanyakan Logo CT corp yaa bukan CT yg bikin. Getoo Lho

Anonim mengatakan...

ya kita husnudzon aja. yang penting ga ngajak kita ke hal yang melanggar dari syariat Alloh. gitu aja kok repot.
abdurrohman w

Anonim mengatakan...

aq juga sebenarnya kurang setuju... menurut aq yah apa yng di tanyangkan di trans tv n tran 7 itu tdak slalu ada persetujuan ct..ada khan di rekturnya masing2, masa dia mau ngurus smapi sedetai itu... mengenai simbol ya... sebenarnya tdak slamanya piramid,bulatan atau mata itu mengarah pada freemason...kdang ada makna trsendiri bagi yng memakainya... aq sih ga usah terlalu fanatik... fanatik dan ketakutan berlebih bisa jadi bommerang... macam teroris...biarlah dosa dan pahala hanya ALLAH yng menentukan... perbaiki diri masing2lah...mungkin jika ditawarin jadi dia,,,anda juga ga keberatan... jadi sdahlah...

Anonim mengatakan...

dari sekian banyak tulisan YM, kenapa ini banyak sekali komentatornya ya? padahal ulasan seseorang dlm tulisan beliau tdk cuma ini.
para komentator ini, "kaki tangannya" CT atau freemasonnya ya? atau malah keduanya sulit dibedakan?

Yusuf Maulana mengatakan...

Bung Anonim, soal persetujuan CT pada isi tayangan stasiun televisi miliknya mungkin tidak sampai aspek teknis. Tapi ingat, ada soal selera, dan selera si bos ini pasti sudah ditangkap anak buahnya. Soal simbol yang saya ulas tidak selalu bermakna seperti yang saya atau orang lain prasangkakan tentang Mason, silakan Anda baca soal simbologi. Kalau satu dua kali saja layak diawasi, apalagi yang konsisten mempraktikkannya.

Bung Anonim di atas tanggapan saya: saya juga tidak tahu sebabnya apa. Saya tidak berani menyebut mereka begini dan begitu.

Anonim mengatakan...

Berikut doktrin freemason melalui logo-logo yg disamarkan di media Indonesia:

http://safieraputriauliyah.files.wordpress.com/2012/07/oney-notext.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-lTgMnf1bn0o/T-PAFVRGF2I/AAAAAAAAETY/wKByu4F8pqI/s1600/mata+lelaki.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-ZqCVOMVV3lM/TaKyxFwZWRI/AAAAAAAABe8/ZdGYhvJrKW0/s320/big%2Bbrother%2Btrans%2BTV.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-MKDOKe1h298/UIxinP4i3gI/AAAAAAAAEbE/GOdUvAVzYFI/s1600/iluminati.jpg
http://multiply.com/mu/cinderellazty/image/prHShstUo23wDcZZu0ybig/photos/1M/300x300/670/tvone.jpg?et=7sL9yt9MKBopIRvRwVzwZg&nmid=0
http://2.bp.blogspot.com/-Aga6-s0ufhs/TaKya6Jq_zI/AAAAAAAABek/fbXt3NPdmkk/s1600/big%2Bbrother%2B3.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-cQgRmSBzaDI/T7cdHYcqkSI/AAAAAAAAAcI/BKCF3Lyn_98/s400/idol.jpg
http://safieraputriauliyah.files.wordpress.com/2012/07/1807778.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-sY8qKbS7HmE/TauTxzm0pZI/AAAAAAAAEOU/yOFATM_mzys/s1600/free-trans1.gif
http://img365.imageshack.us/img365/7606/pis5yv9.jpg
http://votreesprit.files.wordpress.com/2012/07/diablov.jpg?w=350&h=175
http://votreesprit.files.wordpress.com/2012/07/jokowi-el-diablo.jpg?w=450&h=350

cinta semuanya mengatakan...

penulis nya syirik ga punya otak asal ceplas ceplos doank...

liat apa gunanya anda pada orang lain
ga ada kan?

liat CT yang bisa membuka lapangan kerja
berarti anda bodoh dan CT PINTAR

Talk less do more...
tong kosong nyaring bunyi nya....

kalau ingin dihormati orang lain, hormati dahulu orang lain jangan mendahulukan hormati diri sendiri...

baru tau ilmu segitu doank udah sombong..
ingat masih ada orang yang lebih tau dan pinter dari anda sendiri.,

anda tidak mencerminkan dengan nama anda 'YUSUF MAULANA'
malu dengan nama anda tidak mencerminkan dengan nabi yusuf...

Anonim mengatakan...

ketika tahun baru 1435 ini, ternyata abad kebangkitan islam belum nampak jelas, berarti kemaren baru fajar kadzib. gelap gulitanya kejahiliyahan masih amat pekat, amat sulit membedakan mana islam yg akan tumbuh dan mana hijaunya ilalang yg tak bisa diharap buahnya bagi islam kaum muslimin. marilah kita dengan kriteria : dari Islam, dengan Islam dan untuk Islam, krn Islam tak mungkin dg cara2 komunis umpamanya

Mifta Nurdin mengatakan...

Simbol ada maknanya bagi yang tau, tapi beda lagi kalo yg ga tau.

Pertanyaannya, Pak Choirul Tanjung tahu ga arti simbol tersebut?

FH mengatakan...

pelajari talmud, fahami bahasa ibrani, buka pemikiran dan jadilah jews sejati
karena kami bangsa yang dijanjikan.

anak-buah-freemasonry mengatakan...

norak ah mas, freemason murahan lagi...
bukan mendukung CT, tapi teori konspirasi kiranya cuma pemikiran nyeleneh, dibangun atas dasar waswas dan parno...
http://nontondunia.com/2011/05/06/teori-konspirasi-kenapa-percaya/

Anonim mengatakan...

Ribut kok mikirin Simbol mikirin Logo... kapan majunye nih negare?? ade nyang make "piramida" make "mata" dibilang Yahudi dikate Mason.. nyang ane tau mah mason tuh panas dibandingin balsem

Yusuf Maulana mengatakan...

Silakan baca dengan jernih karya A Ralph Epperson, The New World Order, sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dan diterbitkan Ufuk. Epperson meneliti soal simbol selama 27 tahun dan Anda akan tahu mengapa kekonsistenan CT dalam memakai simbol tertentu merupakan sebuah putusan 'tidak main-main'.

ilyas mengatakan...

ane sih gak banyak koment bagi ane baca buku boighrapynya aja dah cukup membuat diri termotivasi tuk jadi yg trbaik. gak ngert apanamanya MATA SATU,BULATAN satu lagi apayah,, sy lupa oh,ya..CICI PARAMIDA yg patut di acungkan jempol CT bnyk memberi manfaat tuk negri ini dah titik

Anonim mengatakan...

Kalo saya mah, ga tau soal simbol, tapi yang saya tau trans 7 atau trans apalah tentang siaran TV nya lebih banyak ketawa2 mulu, rakyat indonesia pengin dijadikan pelawak semua kalee, ga ada yang serius, gosip2 mulu, takhayul,dunia lain, percaya ada dedemit ( syetan ),liat acaranya dan teliti bersama-sama, itu saja sudah SYIRIK/FASIK... tidak lebih percaya pada ALLAH SWT,saya bisa ambil kesimpulan...ada skenario besar, dibalik ini

Anonim mengatakan...

yo ben ngono ae kok repot, kalo jelek buet ente ya udah jangan di tiru. kalo baik yo apa salahnya di buat teladan

Anonim mengatakan...

saya punya pandangan lain. Mason itu strategi kerjasamanya, namun bukan berarti menjadi teman secara agama. Perlu di ketahui, kartel iluminati tidak bisa dilawan dengan senjata, karna Indonesia tidak bisa membuat nuklir ato telat berinovasi karna kekuatan Nusantara dari dulu cuma dari bercocok tanam dan industri bahari dari kapal kayu, sementara persenjataan iluminati sudah berkembang dari abad ke 15 ketika mereka menguasai tambang2 besi. Klo kita menyatakan perang terang2an maka kita cuma orang bodoh yg akan di hancurkan seketika dg teknologi HAARP, ato bom Hidrogen, jadi percuma melawan terlalu keras, strategi yg benar adalah menipu kembali masuk kesarangnya seperti cara Gus Dur berpura-pura bersahabat dg Israel, karna Indonesia gak mampu melawan persenjataan Yahudi seperti HAARP. Camkan itu dulu! itu sebuah strategi. Bergabung bukan berarti mengikuti tata cara ibadah ato pindah agama. Tapi ini cara menipu kembali kartel penipu Eropa. Bedanya kartel Indonesia dg Eropa, kartel Indonesia masih mengenal strategi Koperasi dan Sedakah, sedangkan Kartel Eropa hanya mengenal Riba. Cara eropa itu yg sedang dilawan, makanya sistem Bank pun mulai muncul metode Syariah, dan Koperasi semakin digalakkan karena menerapkan sistem syariah. Indonesia gak bisa berperang dg kartel Eropa dg cara kekerasan, karna senjatanya dari mana? Pake logika deh klo berfikir. Memang akibatnya akan terjadi seperti fitnah karna menggunakan simbol2 itu. Namun sy punya pandangan itu sebuah strategi politik seorang CT, sama seperti strategi Gus Dur.

free-man mengatakan...

Freemason
1. CT
2. SU
3. TW
4. GTS
5. AP

Anonim mengatakan...

daripada ms YM kebanyakan berdebat bicara pepesan kosong.. mendingan sampeyan buktikan kepada dunia, bahwa ente bisa tingkatkan kesejahteraan ekonomi umat.. bukan cuma teori tapi juga praktek nyata yang ada BUKTInya.. janganlah kita membuang2 energi utk topik yg kurang penting. Masih banyak pribumi yg lapar.. di negerinya sendiri.

A Hilman Taufik mengatakan...

si Anonim mah gak tau simbol2 yahudi si..bodoh..YM aku setuju..Segitiga dah pasti simbol yahudi..anonim kamu salah ngomong tu"yang penting jangan merugikan kita"kata2 yang bodoh

areal28 mengatakan...

Assalamualaikum...(tanda orang kafir yahudi tidak menjawab salam & tidak mengaminkan doa)
Allahuakbar...
komentar2 diatas ane merupakan bagian dari peperangan pasukan Allah swt dengan pasukan setan (yahudi).Kejadian seperti ini akan terus berlanjut sampai kiamat, tepat seperti firman Tuhan seluruh makhluk, Allah SWT. Dengan kejadian ini marilah umat islam bersatu & teguhkan iman, jauhkan simbol2 yahudi, jika tidak nanti akan jd bagian dari mereka yang dimurkai Allah swt. kalau mau bikin simbol cukup dengan tulisan lailahaillallah...TIADA TUHAN SELAIN ALLAH.

Anonim mengatakan...

simbol tran TV...!! liat di atas tulisan trans itu "T" dan di bawanya "V". yg berati trans TV. gtu aja di kait"kan mas simbol yahudilah apalah...!! yg pasti jasa pak CT lbh besar untung menghidupi ribuan orang...

Anonim mengatakan...

Wooaw.. Brilian. Anda telah sukes mempengaruhi pembaca yang budiman. Reverse pshychology ya? Ckckck. :) selamat, mas yusuf. Anyway, its your life right? :)

Anonim mengatakan...

Betul jangan suudzon...

Pertama, liat siapa yang mendesign logo tersebut, klo td diatas disebut Landor Associate, liat juga Garuda, Pepsi, Danone, Delmonte, KFC, dll... apa ada maksud dari freemason dll?

Kedua, kalaupun ada maksud tersebut, CT sendiri mungkin bisa jadi menurut dia bagus, dibeli, kan presentasi Landor ga mungkin sebut2 perihal "yahudi, freemason, dll"

Ketiga, kalaupun ada maksud tersebut juga, apa yang akan anda lakukan untuk hal tersebut? Fungsi pengawasan? Analisa dan action, jangan cuma analisa dan berkoar2 aja, ga ada yang peduli... Km itu hidup didunia ini jangan cuma "mimpi" (klo ga suka dengan "yahudi, freemason, dll"), do something lah

Anonim mengatakan...

baik apakah pasti benar?
benar apakah juga harus baik?

CT beri sumbangsih besar bagi bangsa ini, jelek2nya dia bisa kasih banyak lapangan kerja.

demikian saya, kerja buat kesejahteraan keluarga saya, tp tanpa mereka tau saya adalah perampok, penipu, penadah, penjarah, dan kadang2 berdagang.

Anonim mengatakan...

Cukup utk menjadi hujjah, hadits sbb :

عَنْ أَبِي سَعِيْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «لَتَتَّبِعُنَّ سَنَنَ مَنْ كاَنَ قَبْلَكُمْ شِبْراً بِشِبْرٍ وذِرَاعاً بِذِرَاعٍ, حَتَّى لَوْ سَلَكُوْا جُحْرَ ضَبٍّ لَسَلَكْتُمُوْهُ. قُلْنَا: يَارَسُوْلَ اللهِ, الْيَهُوْدَ وَالنَّصَارَى ؟ قَالَ: فَمَنْ» ؟ . رواه البخاري

Dari Abu Sa'id (al-Khudry) bahwasanya Nabi shallallâhu 'alaihi wa sallam bersabda: "Sungguh kalian akan mengikuti sunnah (cara/metode) orang-orang sebelum kamu, sejengkal-demi sejengkal, sehasta demi sehasta, hingga andaikata mereka menelusuri lubang masuk ‘Dlobb' (binatang khusus padang sahara, sejenis biawak-red), niscaya kalian akan menelusurinya pula".

[Kami (para shahabat) berkata: "Wahai Rasulullah! (mereka itu) orang-orang Yahudi dan Nashrani?". Beliau bersabda: "Siapa lagi (kalau bukan mereka-red)". {H.R.al-Bukhary)

Anonim mengatakan...

Detik Com dibawah CT malah sering menjelek-jelekan PKS sekarang...

Anonim mengatakan...

Mas YM ysh, lebih baik anda mencari informasi dulu sebanyak banyaknya sebelum menilai seseorang termasuk CT, jika anda sudah rasa cukup informasi yang anda punya silahkan anda menilai orang dengan materi informasi yang anda punya. kurang lebih 75.000 rakyat indonesia itu karyawan CT. paling tidak CT sudah memberi kontribusi untuk negara ini dengan membuka lapangan pekerjaan dan mengidupi ribuan keluarga. silahkan cari informasi darimana anda suka walaupun saya lebih tau banyak informsi tentang CT di banding anda. terima kasih

Anonim mengatakan...

apakah mas YM juga sudag tau CT Foundation, bagaimana anak anak putus sekolah dan anak anak berprestasi disekolahkan sampai luar negeri dan ini rata rata ada di pedalaman. apakah anda tidak melihat bagaimana UKM UKM di indonesia ditampung dan di salurkan melalui carefour yang saat ini saham carrefour adalah 100% milik CT.. silahkan anda cari tau informasi sebanyak banyaknya, saya bukan pendukung CT tapi saya pengagum CT karena prestasinya yang masih muda sudah sukses menjadi pengusaha besar dan kontribusi besar buat bangsa dan negara.itu bukan hal yang mudah .DAN ITU NAMANYA KARYA NYATA.

Anonim mengatakan...

Ass. Mas YM sabar ya atas komen" yg ga nyambung dgn apa yg di bahas. Krn sudah biasa bahwa maunusia itu hanya melihat dr sisi materi nya saja bukan berfikir mendalam dr mana asal atau sumber sejatinya. Lg an yg dibahas itu mengenai simbol knp komennya pd meluas kmn". Sebaiknya kita semua belajar lebih lagi supaya bisa mengerti, mengenai postingan mas YM tidak ada masalah, ini adalah sebagai sumber informasi bagi yang suka ya silahkan diterima dan bagi yang tidak suka boleh menyangkal tetapi menyertakan sangkalan yang relevan dan sopan.

Yusuf Maulana mengatakan...

Terima kasih buat Anonim yang menjelaskan dirinya tahu lebih banyak informasi daripada saya. Pengagum yang bukan pendukung bagaimana yang tahu banyak dibandingkan saya?

Buat Anonim yang mengaitkan media CT dengan berita sebuah partai, biarlah publik yang menilai. Yang lebih terang, media yang sama sekarang makin berani umbar aurat perempuan.

Buat Anonim di atas komentar saya ini, terima kasih atas pengertian Anda. Ya, kadang satu postingan menyasar satu bahasan dan tidak berpretensi menghajar kontribusi, disangka saya hanya asbun saja. Toh, memang tiap orang tidak dilarang berpendapat di forum ini.

Anonim mengatakan...

Trus loe mau ape cup,ucup??mau mason kek,macan kek yg ptg pak CT memberi manfaat buat negara ini.tunjukan klo teori2 loe tu benar.

Ichsan Ibrahim mengatakan...

Dari sekian banyak yang "membela" CT , umumnya memberikan alasan, bahwa CT banyak membuka lapangan pekerjaan dan memberi banyak mamfaat bagi negera dan seterusnya. Luar biasa.....

Bersangka baik atas niatan dan apa yang ditampilkan secara lahiriah oleh seseorang, merupakan hal yang terpuji.

Tetapi cukup banyak peringatan yang telah diberikan bahwa "kesesatan" dan "kemusyrikan" itu bisa tampil begitu indah, rupawan, dan dermawan.

sukristiawan cah jogja mengatakan...

ct adalah tangan asing ia mengunakkan uang hasil utang investor asing para milyaeder yahudi memang ada segi positif tapi ada segi negatif silahkan camkan masing masing?

Anonim mengatakan...

Ber-SD dan SMP di Van Lith, serta SMA di Boedi Oetomo, kalau dari namanya saja sudah bisa menerbitkan sesak akan adanya penanaman tanpa sadar soal simbol. Di sekolahnya itu, CT boleh jadi telah familiar dengan piramida dan mata-------->sotoy banget sih mas, pernah sekolah disana nggak?harus pinter lho baru bisa masuk sana. Sy sekolah di sekolah berbau2 begitu tp gak ada tuh penanaman simbol2,dan tmn2 Muslim jg byk bgt yg masuk ke sekolah2 semacam itu.

Gepeng Jenggot mengatakan...

boz anonim ini kok ngotot banget ya..ada apa ini..kok membelanya membabi buta. biasa aja boz gak usah ngotot, ntar diketawain orang laen. kalo bagi saya mengenai logo itu mah tergantung selera..adakalanya sekarang kita suka kotak, tahun depan suka bulat, tahun depannya lagi suka trapesium, tahun depannya lagi suka jajaran genjang dst

Anonim mengatakan...

modus
yang tulis tulisan ini sendiri adalah orang mason
gak usah pakai topeng terus karena sebelah matamu sudah kelihatan dan sebentar lagi Isa Almasih akan turun waktunya udah dekat dan memimpin umat Islam melenyapkan freemason yahudi
mending loe tobat karena kalau terlambat, loe bakal disiksa di neraka

Anonim mengatakan...

"Nilailah dirimu sendiri, sebelum kau nilai orang lain."

Anonim mengatakan...

Ass, tanya pak YM artikelnya sudah di perbaiki dari sebelumnya?

Anonim mengatakan...

lucu juga , waktu acara berbuka kemaren di trans tv,live,bagi anda yang menyaksikan entah apa nama acaranya pukul 5 sore , salah satu hostnya beradegan menggigit gigit uang pake mulutnya dan ada yang di selipkan di hidungnya , sambil bergaya,dan itu dilakukan berulang ulang , padahal hari itu tengah berpuasa . . Hadeew

Anonim mengatakan...

si omesh , berjoget joget ria sambil menggigit uang di mulutnya , ada pula yang di selipkan di hidungnya . .

As Wita mengatakan...

Hati2 jgn mw diadu domba sm mas ini coz msh banyak hal2 yg lbh pntg dibahas selain agama seseorang krn itu adalah hal pribadi msg2 selama tdk mengganggu,,,n sya prnh baca n mmg berdasarkan pengalaman pribadi Ustadz Yusuf Mansur yg bru2 ini terjadi beliau mengatakan : seorang muslim diberi kebebasan dlm beribadah, diawasi dlm berpolitik dan dihancurkan apabila berbisnis,,,jd anda pikir sndri,,,sya berharap lbh banyak anak negeri yg asli pribumi mengikuti/menjadi tuan dinegaranya sndri sprti Bapak CT bukan mereka yg mmg asli yahudi,,,Aamiin

Anonim mengatakan...

penulis tidak pernah menyinggung agama , tapi tentang mason!

Anonim mengatakan...

Pak YM, biarkan anjing menggonggong khafilah tetap berlalu :)
Sadari saja bagaimana mungkin memahamkan ide/cita-cita ribuan tahun dalam sehari? Biarlah mereka yang belum terbiasa dengan pola berpikir ribuan tahun beropini sesuai kepahamannya.Tugas kita adalah menyampaikan apa yang harus disampaikan dan berdoa semoga Allah SWT Yang Maha Mengetahui memahamkan melalui jejak-jejak peristiwa yang sudah, sedang dan akan terjadi.
Tetaplah istiqomah diatas pondasi Al Quran, karena informasi apapun selain informasi dari Al Quran tidak dijamin kebenarannya.

Salam Ukhuwah

Andi Dika mengatakan...

Gw dika dan gw muslim dan gw jga ga suka yahudi.
Gw mw nanya k kalian yg buat post sama komenters.
Gw salut sama kalian.?
Tpi kalian itu cuma buang" waktu doang d sni dan trmasuk gw.
Gw cuma mw ngelurusin sdikit.
Buat posting dan komenters, se anti itukah kalian dengan yahudi sm freemason.?
Jika ia apa alasan'a ?

Gw cuma pgn dngar

Anonim mengatakan...

Sorry bro yusuf.. saya sngt tdk setuju dg anda..
melihat redaksi tulisan anda jelas sangat profokatif, pengarahan opini dan yg pasti mnjadi fitnah tanpa dasar... simbol itu milyaran bmyk nya, n yg bikin simbol pasti bukan dia, yg bikin tim transtv itu sndri bro.. mirip bisa saja dg simbol manapun yg jutaan bnyk nya, bukan ber arti orng itu mason,, picik sekali anda,,, mengkait2 kan, hanya perihal bentuk yg mirip, bahkan itu jauh dr kata serupa tp tak sama.. itu teori konspirasi n bualan anda semata.. inti nya lihat program yg dtayangkannya sprti khasanah n program religi lainnya..
n maaf2 kata, sya kenal CT, soal ada yg ulas dia ksh partai, smya partai jg dkasih sama dia, krn dia dln posisi netral.. klo pun dia mau maju jd RI satu, dia bisa, tp dia ngak mau bro.. thx

Anonim mengatakan...

Sorry bro yusuf.. saya sngt tdk setuju dg anda..
melihat redaksi tulisan anda jelas sangat profokatif, pengarahan opini dan yg pasti mnjadi fitnah tanpa dasar... simbol itu milyaran bmyk nya, n yg bikin simbol pasti bukan dia, yg bikin tim transtv itu sndri bro.. mirip bisa saja dg simbol manapun yg jutaan bnyk nya, bukan ber arti orng itu mason,, picik sekali anda,,, mengkait2 kan, hanya perihal bentuk yg mirip, bahkan itu jauh dr kata serupa tp tak sama.. itu teori konspirasi n bualan anda semata.. inti nya lihat program yg dtayangkannya sprti khasanah n program religi lainnya..
n maaf2 kata, sya kenal CT, soal ada yg ulas dia ksh partai, smya partai jg dkasih sama dia, krn dia dln posisi netral.. klo pun dia mau maju jd RI satu, dia bisa, tp dia ngak mau bro.. thx

Anonim mengatakan...

Mau share aja sebuah hadist:

Dajjal membawa api dan air; Rasulullah Muhammad SAW. bersabda: "Sesungguhnya Dajjal itu akan keluar dengan membawa air dan api, maka apa yang dilihat manusia sebagai air, sebenarnya itu adalah api yang membakar. Sedang apa yang dilihat oleh manusia sebagai api, maka itu sebenarnya adalah air yang dingin dan tawar. Maka barangsiapa yang menjumpainya, hendaklah menjatuhkan dirinya ke dalam apa yang dilihatnya sebagai api, karena ia sesungguhnya adalah air tawar yang nyaman."

Dajjal membawa sesuatu yang menyerupai surga dan neraka; Dari Abu Hurairah berkata bahawa Rasulullah s.a.w bersabda: "Sukakah aku ceritakan kepadamu tentang Dajjal, yang belum diberitakan oleh Nabi kepada kaumnya. Sungguh Dajjal itu buta mata sebelahnya dan ia akan datang membawa sesuatu yang menyerupai syurga dan neraka, adapun yang dikatakan syurga, maka itu adalah neraka. Dan aku memperingatkan kalian sebagaimana Nabi Nuh a.s memperingatkan kepada kaumnya."

Sampeyan pilih mana mas? Klo aku udah pasti milih air,hehehe. Udah pasti masuk neraka dong aku.

Klo bicara soal mason, kabbala,pagan, dll ya sepertinya mereka menawarkan air kepada yg terpilih. Dan memang tipu daya dajjal itu sangat berat. Kita susah untuk membedakan mana yg benar dan mana yg salah.

Masykur Mudiomo mengatakan...

Bro.... intinya CT corp udah banyak menghidupi masyarakat indonesia tanpa memandang Agama, etnis dan dari mana asal msyarakat tersebut berada.. Masalah CT Yahudi, Mason atau bukan hanya Beliau dan Allah SWT yang tahu... Yang menjadi pertanyaan Apakah anda bisa melakukan apa yang CT Lakukan..?

Maulana Akbar Akbar mengatakan...

Infonya bermanfaat. Saya sudah perhatikan mulai dari awal Stasiun tv itu trbntuk. Ceritanya panjang, saya jdi lebih tau, dan harusnya lebih bijaksana. Terima Kasih Infonya :)

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum :)
Maaf dda komen di atas spt ini:
"kurang lebih 75.000 rakyat indonesia itu karyawan CT. paling tidak CT sudah memberi kontribusi untuk negara ini dengan membuka lapangan pekerjaan dan mengidupi ribuan keluarga."
Alhamdulillah -/+ 75.000 rkyt RI bisa mengidupi 1 org sesama hamba Allah S.W.T
Yuuuk sama2 bergenggaman tgn berjalan pada jalan kebenaran Allah S.W.T

ridho77 mengatakan...

Para freemason atau yahudi berhasil memecah belah kan umat islam dngan mempertunjukkan simbol2 mereka dan jasa2 mereka. Dari simbol dan jasa mereka timbul pendapat pro dan kontra dari umat islam. Akhir zaman kita tau tak ada lage umat muslim sejati dan kiamat pasti terjadi.

Anonim mengatakan...

Untuk semua komentator : Pelajari simbologi dengan kaitan hyroglif,kabbalah,paganisme,zionisme,new world order,freemason,illuminati secara mendalam,dari situ anda akan bisa menelaah apa tujuan utama mereka..
Saya sudah lama mempelajari freemason,illuminati dll nya...saya jg tlah mempelajari pergerakan mereka,struktur organisasi dan para tokoh2 nya.
Bagi saya,artikel pak Yusuf ini ada benarnya...
Di indonesia sendiri,freemason sdh ada dr jaman belanda,buktinya ada byk...di bukittinggi,tugu jogja,monumen jogja kembali,bundaran HI,dll....

Pelajari lah ,supaya kita bisa waspada..karena gerakan mereka ini,intinya cm satu New World Order...ujung2nya yaa lucifer atau dajjal..tampuk tertinggi dr 33 tingkat freemasonik yg di rahasiakan.yg dilambangkan mata Horus...

Soal CT mason atau tidak,saya blm punya bukti konkrit..tp yg jelas saya menangkap upaya CT dlm menyebarkan simbol2 masonik.
Perlu JùΰǦ̩̥ɑ̣̣̝̇̇ɑ̤̥̈̊ά̲̣̥α̇̇̇°˚º˚° diketahui bahwa untuk menjadi seorang freemasonik itu ga penting agama nya apa,freemasonik bisa dari agama apa saja,profesi apa saja...dan di tingkat tertentu,mereka bertugas menyebarkan simbol2 masonik.banyak dari mereka adalah tokoh politik,artis dan bintang hiburan seperti musisi atau penyanyi.

Jadi berhentilah berdebat,gali dulu ilmu nya sebelum memulai debat dan saling menuduh benar dan salah.
Jika anda semua berpikiran terbuka,anda tidak akan langsung mencaci dan menghujat.

Aan..

Ares mengatakan...

saya kira, dengan pemahaman saya yang cetek, orang2 masonic melakukan tarik ulur dalam memperlihatkan identitas mereka. Walau kadang tidak terlihat, mereka mempunyai jangka panjang dalam meluluskan niatan mereka.

Salah satu jalan yang mereka lakukan adalah lewat media. Lihatlah beberapa artis luar yang sudah kena hipnotisnya.

Saya kira ini baru awal, setelah kesempatan itu bagus, maka mereka akan membuka kedok2 mereka dan memperlihatkan wajah-wajah mereka dengan jelas.

trims kepada yang buat tulisan ini. Walau harus dibaca dengan sifat arif dan bijaksana, ada kalanya kita mawas diri terhadap apa yang mereka perbuat. Jangan sampai gerakan bawah tanah ini tiba2 sudah ada di depan kita.

Sebagai tambahan catatan, awal bulan ini (januari 2014). Trans7 mengeluarkan acara baru bernama "CEPLAS CEPLOS". Saya tidak heran dengan logo acaranya ini ... welah talah ...

Simbol/Logo adalah ego diri. Kita bisa liat personal dari apa yang disimbolkannya.

Anonim mengatakan...

Woww seru yaaa debat kusirnya

Anonim mengatakan...

Woww seru yaaa debat kusirnya

Anonim mengatakan...

Mudah sekali mengadu domba orang muslim ya dengan pemikiran yang kayak gini. KAU TUDUH SAUDARA SEIMAN MU SENDIRI tanpa dasar yang jelas kau ragukan diri orang tanpa kau sadari kapasitas dirimu.

Anonim mengatakan...

Saya pikir cuma TRANS7 dan TRANSTV yang hanya menyiarkan program agama ISLAM kenapa masih aja kalian tuduh yang bukan2. Coba perhatikan KHAZANAH, SYAFAAT dsb. Ada nggak acara agama laen?? Apalagi acara mason......lebay banget berpikiran cetek. Akibat terlalu keseringan bongkar situs masonic ya kayak gini. Tanpa sadar semua lambang bentuk apapun ya masonic juga. Mau simbol bintang segi berapapun ya masonic. Atau malah lambang huruf Allah ente anggap bener...hadeeuuh cetek2 otak korengan

Dar Manto mengatakan...

Pak yusuf...

pikiran anda sama dengan yang saya rasakan selama ini. setelah saya banyak mengetahui dengan simbol-simbol "kelompok rahasia" yahudi, lambang-lambang yang sering ditampilkan di acara-acara baik di trans tv maupun trans7 banyak yang perlu kita telaah lebih dalam. bukan hanya lambang-lambang freemason saja, tapi lambang illuminatypun ada. coba lihat di acara opera van java dan ilk (indonesia lawak klub), lambang segitiga selalu ada bahkan ada bulatan (melamabangkan mata satu) di tengahnya. dan ini terang-terangan. saya rasa ini bukan hanya kebetulan, tapi (seolah-olah) ingin menunjukkan keeksisan keberadaan mereka di tengah-tengah kita. persoalannya apakah ini memang keinginan ct atau tim kreatifnya saja. atau mungkin ct tidak tahu dengan simbol-simbol itu. atau bisa jadi dia tahu, tapi ndak mau tahu, yang penting rupiah mengalir deras ke pundi-pundi hartanya. buat yang belum paham dengan simbol-simbol kelompok-kelompok rahasia yahudi mungkin, mingkin simbol-simbol ini tidak penting menurut mereka. tapi bagi yang sudah paham dengan simbol-simbol ini, sangat penting buat kita untuk mengingatkan mereka.

Andy mengatakan...

Sedikit ikut nimbrung,
Terkait dengan simbol2 mason & sejenisnya, di era sekarang itu sudah menjadi barang biasa di dunia industri kreatif. Kalau hal ini terjadi sekitar 30-40 tahun yg lalu, saya bisa bilang keterkaitan penggunaan logo mason dengan pergerakan tersebut masih relevan, tapi sekarang tidak terlalu relevan lagi.
Didunia kreatif, khususnya design, gimik2 mason seperti bentuk piramida, segitiga, mata dll adalah komponen "sexy" yang cukup eye-catchy agar menarik konsumen, terlebih simbol2 ini bisa dibilang simbol yang cukup simple dan sudah terbukti banyak logo2 yg menjadi cukup dikenal karena bentuknya seperti itu.
Jika anda punya banyak teman seorang kreatif designer, coba saja ngobrol dengan mereka mengenai bentuk2 mason yg sering diaplikasikan pada logo dimana-mana. Kalau anda mengkaitkan hal ini dengan gerakan mason secara serius kemungkinan besar mereka akan tersenyum atau bahkan tertawa.
Beberapa designer/konseptor dengan sengaja menggunakan design2 berbau mason, selain "eye-catchy" juga agar karyanya menjadi cukup sensasional karena pada akhirnya orang akan mengkaitkan logo tersebut dengan gerakan mason sebenarnya. Pada akhirnya logo itu akan semakin dikenal, disaat itulah logo itu "berhasil". Padahal nyatanya sang designer sangat mungkin tidak ada kaitan sama sekali / bahkan tidak peduli dengan gerakan mason tersebut. Dan bahkan sampai saat ini yang saya tahu belum ada sebuah perusaahaan/brand yg "jatuh" hanya karena logonya menggunakan gimik mason, karena meskipun banyak juga masyarakat dunia kritis dengan hal ini, pada akhirnya mereka tetap butuh kepada produk2/jasa dari perusahaan tersebut.
Jika merujuk kepada pembuatan logo2 perusahaan atau keperluan bisnis lainnya, perlu diingat juga biasanya mereka menggunakan logo konsultan/vendor.
Bahkan didunia musik internasional, sangat banyak sekali artist yang menggunakan simbol2 mason untuk cover album, logo band ataupun materi pada video klip mereka. Kenyataannya memang banyak sekali yg membicarakannya, banyak juga yang mengkritisi tapi pada akhirnya mereka tetap menikmati karya2 artist tersebut. Sebut saja lady gaga, 30 sec to mars, steve vai, band2 jepang, bahkan seorang ahmad dani (dewa 19) sekalipun.

Kesimpulannya, diera sekarang ini, gimik fremason dan teman2nya lebih menjadi komoditi industry dibidang kreatif dan 'belum tentu' ada relevansinya dengan gerakan mason itu sendiri.


disini saya hanya ikut nimbrung terkait dengan sudut pandang terhadap perkembangan design/logo, bukan men-judge CT ataupun tokoh lainnya.

Anunnaki mengatakan...

CT seorang yang "cerdas" saya mendukungnya...

Anonim mengatakan...

sudah clear sekarang ...CNN akan kongsi dengan trans corp ... akan segera siaran di indonesia ...

rahmat hidayat mengatakan...

Saudara-2 mukmin dan mukminat tolong perhatikan biasanya kalau orang mau masuk biasanya bagi-2 rejeki, memakmurkan masyarakat biasalah, ingat peristiwa daerah lampung selatan kaum missionaris kristiani...itu pendekatannya pake bagi-2 pengobatan gratis segala macamlah, setelah terjerat dengan kebaikannya langsung disuruh masuk kristen..apa kita nggak prihatin tuh saudara-2 ku, mana ada orang yang langsung mengaku saya yahudi..zionis mau di bakar tuh orang...yang mengaku-ngaku itu..waspadalah..hai kaum muslimin..dan muslimat karena tahun 2025 misi yahudi / zionis mau menghapus indonesia dan pakistan (program illuminate) oke

Dicky Hidayat Kurniawan mengatakan...

Ada apa ya ini...

beladin amry mengatakan...

Kalo g terima y di kembalikan k Allah SWT saja, niatny yg nulis blog ini baik, buat ngingetin kita, yg jelas Dajjal pasti bangkit Dan Imam Mahdi pasti datang !!!!!!!!!

beladin amry mengatakan...

Yg jelas kalo simbol yg terkait dngn mason dan iluminati g ada pastinya g ada tulisan tentang masalah ginian. Jngn sewot dulu mas ym nulis ni blog y g nyuruh kalian pda percaya, cm ngingetin aj kok, kalo percaya y sama tuhan kalian masing2 kalo islam y percaya Pada ALLAH

Anonim mengatakan...

nah, berarti anda mrmang harus leboh banyak sabar, banyak mendengar. gerakan zionis itu sangat halus, menyusup dalam agama. coba anda perhatikan isi2 tayangan ialami tsb, ternyata kebanyakan iainya tidak berpegang pada ajaran yang lurus, yaitu ahlussunnah wal jamaah.coba anda tonton dgn pikiran kritis, anda akan temukan mereka malah menyebarkan kesesatan ikiran salafi wahabi. dari sini anda harusnya sdh tahu tujuannya. mereka membuat banyak acara "islami" bukan karena mereka pro islam, justru mereka ingin menggiring kita ke ajatan yang diridhoi zionis, yaitu salafi wahabi.

Anonim mengatakan...

semoga CT malah sebaliknya, berusaha tuk menyusup ke dalam organisasi illuminati tersebut dan mengancurkan dari dalam layaknya virus MERS yg sedang "IN" itu

Andika Purnama mengatakan...

yang buat postingan ini yahudi

Anonim mengatakan...

Orang riweuh, itu anda

Anonim mengatakan...

wah ...setahu saya apa yg terkait dengan thread ini jauh dari kenyataan sebenarnya....kebanyakan suka teori konspirasi dan mengaitkan seolah halusinasi itu sebuah kenyataan....silahkan bantah....yang pasti bung CT ini sudah jadi korban halusinasi kalian (dan kemudian seenaknya bilang hanya mengingatkan...lha kok contohnya orang yang populer...ini lebih ke serangan halus dan itu orangnya kan rugi nama baik)....kalau mau jadi puritan ya kembali ke jaman batu aja, jangan maen internet dan gak perlu bawa gadget atau nonton TV...trentramlah hidup ...sebagaimana kita tahu lambang2 berserakan didunia maya....mana sempet dipikirin mason yahudi apa islami lagi....dunia bisnis keras dan berputar cepat....dan memang gak ada ruang buat kaum yang paranoid.....

Herry mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Herry mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Herry mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Herry mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

Mas kenapa mas tega memfitnah saudara seiman? Apakah mas mengenal CT? Apakah mas tahu ibadahnya? Apakah mas tahu kecintaan dia kepada bangsa dan agamanya?. Kita selalu mencurigai setiap ada orang muslim yang maju bukan sebaliknya. 150 ribu karyawan CT corp yang bekerja dan menghidupi keluarganya, sudah bwrapa yang kita mampu? Kenapa tidak kita habiskan energi dan waktu kita utk bisa membuka lapangan kwrja bagi saudara kita yang susah? Apakah mas tahu 1000 orang muslim korban taunami aceh ditampung dan dihidupi dan disekolahkan oleh ct foundation, dan apakah mas tahu CT foundation menyekolahkan anak anak muslim yang tidak mampu menyediakan asrama menyiapkan lapangan kerja swtelah mereka lulus kuliah dan ini akan dibuka diseluruh indonesia, apakah kita tidak bangga punya pengusaha muslim yang tidak mendapatkan kekayaannya dari korupsi san kolusi inilah ciri pribadi muslim yang patut dicontoh ct tidak pernah ikut tender pemerintah, tidak sekelipun mengerjakan proyek pemerintah. Dan baru baru ini ct mendapatkan penghargaan dari institute technology mara malaysia, penghargaan ini hanya pernah diberikan kepada 3orang saja sejak berdiri yaitu mandela, ahli kimia india dan CT bukankah ini membanggakan bagi kita peibumi muslim indonesia. Lalu kenapa kita malah menuduh yahudi, freemason dll sungguh ironis, mungkin kita memang lbh senang kalau yang maju itu bukan pribumi dan bukan muslim, buat apa menambah dosa dengan menuduh saudara seiman yang juga merupakan wakil ketua dewan pakar majelis ulama indonesia. Lbh baik mas yusuf membahas atau mencurigai yang non muslim untuk bahan olok olok. Semoga Allah SWT memaafkan dan melindungi kita semua

Afifudin Juliansyah mengatakan...

Baik Buruknya seseorang boleh kita nilai,...Tapi asal jangan merusak hubungan sesama manusia...Apalgi sampai menghasud orang banyak agar semuanya membenci...Selagi dia tidak memerangi Islam kita harus meghargainya dan melindunginya..Begitulah yang di ajarkan Oleh Rosulullah SAW.Jangan kan orang islam,Orang kafir yang berdampingan dengan orang islam harus di jaga dan dihormati selama orang kafir tersebut tidak mengganggu....Siapa tahu si kafir di beri hidayah oleh ALLOH SWT untuk masuk islam di akhir hayatnya....Karena Hidayah hanya milik ALLOH SWT

Poskan Komentar

Terima kasih atas tanggapan berharga Anda untuk tulisan ini.